Friday, March 1, 2013

Music Mempengaruhi Mood Kita

Semua orang pasti memiliki  music favorit nya masing masing. Begitu pun saya. Banyak orang yang mengaku lebih nyaman mengerjakan sesuatu sambil mendengarkan music. Memang benar, selama music yang anda dengarkan adalah music yang menyenangkan. Entahlah, siapa ilmuan yang sudah melakukan penelitian, karena saya belum sempat searching, tapi saya yakin bahwa music mempengaruhi mood kita.

Katakanlah suatu pagi, saat anda hendak memulai kegiatan anda. Dengarkan lah music yang bernada menyenangkan. Berlirik positive, aransemen yang tidak terlalu lambat, dan semacamnya. Anggap lah saya sebagai contoh. Saya alternative. Suka semua aliran music, selama music itu nyaman ditelinga saya. Sebelum saya berangkat ke tempat kerja saya di bimbingan

belajar matematika, dalam perjalanan saya selalu memasang headphone di telinga saya, dan memainkan music yang bertempo cepat. Kebetulan saya suka pop-rock, rock, hardcore, dan semacamnya. Dan selama saya memainkan music itu, saya merasa bersemangat, dan hati saya merasa senang.

Bandingkan saat anda memainkan lagu yang bertempo pelan, lirik yang galau, lagu tentang patah hati, atau semacamnya. Saya yakin anda akan ikut terbawa lagu itu dan mengawali hari anda dengan pelan, galau, dan semacamnya. Pernah suatu sore saat saya masih beraktifitas di bimbel matematika, saya mngerjakan tugas saya sambil mendengarkan lagu galau, lagu sedih, lagu melow, dan semacamnya. Dan selama saya mendengarkan music itu, saya tiba tiba malas mengerjakan tugas saya.

Sama halnya saat anda akan mengakhiri aktifitas anda. Suatu malam saat saya hendak pulang dari bimbel matematika tempat saya bekerja. Saya menyiapkan headphone di telinga saya. Dan selama perjalanan saya memainkan music yang bertempo cepat. Memang saya capek, tapi selama saya mendengarkan music itu di perjalanan, saya merasa ingin melakukan hal lain lagi setelah bekerja. Semangat saya meningkat, walau kondisi badan sedang lelah.

Dan pernah juga saat saya pulang, saya memainkan lagu sedih, lagu galau. Dan selama mendengarkan itu, saya mengendarai kendaraan saya secara pelan pelan. Seolah malas mengendarai nya.

Apa yang ingin saya sampaikan disini adalah, bahwa tidak ada gunanya anda mendengarkan lagu lagu galau, lagu lagu sedih. Mungkin anda mengidolakan artis nya? Boleh lah. Tapi jangan lah anda selalu mendengarkan  lagu lagu yang membuat semangat anda jatuh. Dengarkan lah lagu lagu yang anda suka, yang bisa menambah semangat anda. Semakin sering anda mendengarkan lagu lagu yang energic semakin sering pula anda akan merasa bersemangat.

Salam Dahsyat !!!

4 comments:

  1. couldnt agree more than this! Music is our very own mood booster

    ReplyDelete
  2. say no to GALAU, karena GALAU sudah meninggal #uupss

    ReplyDelete
  3. Musik jg mempengaruhi sosok seperti apa pasangan kita. Just comment :)

    ReplyDelete