Tuesday, March 5, 2013

Service Exelence

Di post saya yang sebelumnya, saya bercerita tentang service excellence. Tapi mungkin ada yang belum tau, apa sih service excellence? Service selalu beriringan dengan Product. Pelayanan selalu berdampingan dengan produk.

Produk yang baik, pelayanan yang baik, konsumen tidak kecewa akan produk kita dan akan puas karena pelayanan kita
. Produk baik, pelayanan kurang baik, mungkin konsumen tidak kecewa akan produk, mungkin juga kecewa, tapi pasti konsumen tidak puas akan pelayanan kita. Dan akibatnya konsumen akan kembali kepada kita, hanya saat terpaksa atau tidak ada pilihan lain, karena yang mereka sukai hanya produk kita. Produk kurang baik, pelayanan baik, apalah artinya? Bukankah produk kita yang lebih konsumen butuhkan?

Saat kita bisa memenangkan hati konsumen dengan produk kita, konsumen akan kembali karena mereka suka akan produk kita dan tidak merasa dikecewakan oleh harga yang telah mereka bayar. Saat kita bisa memenangkan hati konsumen dengan pelayanan kita, konsuemen akan kembali karena mereka merasa spesial dan merasa puas. Saat kita bisa memenangkan hati  kosumen dengan kedua hal itu, jatuh cinta lah konsumen kepada kita. Dan pastinya konsumen akan kembali bukan hanya karena mereka butuh produk ita, atau sekedar merasa puas. Tapi mereka akan kembali, mungkin bisa untuk mengisi waktu, dan mungkin saja mereka akan membawa konsumen konsumen lain.

Nah service sendiri memiliki 5 level.
1. Dasar/Basic
2. Seharusnya
3. Diharapkan
4. Lebih dari yang diharapkan
5. Excellence/Luar biasa

Service level 1-3, mungkin masih bisa di ajarkan. Namun service level 4-5, tidak bisa diajarkan. Tapi bisa diraih. Dan datangnya dari hati. Saat anda melakukan pelayanan yang mungkin belum pernah ada orang lain yang melakukan nya. Atau anda bisa melakukan pelayanan yang sama, namun jauh lebih baik. Saat anda menjunjung tinggi seorang konsumen. Saat anda melakukan pelayanan dengan hati tulus dan bukan karena terpaksa atau sekedar tuntutan. Saat itulah anda melakukan Service Excellence.

Salam Dahsyat !!!

No comments:

Post a Comment