Thursday, February 7, 2013

Cara menjaga agar Kinerja tetap Maksimal

Apapun pekerjaan kita, kita harus selalu maksimal dalam pekerjaan, agar hasil yang kita dapatkan juga maksimal. Namun ada kalanya dimana kita merasa "ogah" untuk bekerja secara maksimal. Entah karena kebosanan, kondisi kerja yang tidak mendukung, dll.

Sebelum saya berbicara tentang itu, saya ingin sedikit bercerita. Pernahkah anda meliha seekor anak kucing yang terlihat begitu semangat nya dan melakukan segala cara untuk mengejar benda yang ada didepan nya?

Apakah yang mendorong kucing itu untuk melakukan hal itu? Penasaran. Rasa keingintahuan.

Pernahkah anda merasa anda benar benar "kepo", atau penasaran dan sangat ingin tahu? Apakah yang anda lakukan? Mungkin sedikit banyak seperti seekor kucing itu. Begitu semangat dan melakukan segala cara, untuk mengetahui, apakah "itu"?

Begitu juga dengan cara menjaga kinerja yang saya alami sendiri.

1. Anggap anda adalah seorang "Freshman"
Yang saya maksud dengan freshman disini adalah orang baru. bisa pegawai baru, staff baru, boss baru, wirausahawan baru, dll. Apa yang anda lakukan saat anda adalah seorang yang baru? Tentu anda akan meakukan segala hal, agar anda dinilai kompeten dan berpeluang untuk dipertahankan bukan? Otomatis tanpa anda sadari anda akan melakukan segala sesuatu secara maksimal. Dan kinerja anda akan jadi lebih baik.

2. Anggap Gaji yang akan anda terima adalah Gaji pertama anda
Dengan menganggap gaji yang akan kita terima adalah gaji pertama, tentu kita akan tetap bekerja secara maksimal, berapapun gaji yang kita kita terima. Dan pastinya kita akan berusaha lebih baik agar nantinya kita mendapat gaji/komisi yang lebih besar. Otomatis kita akan bekerja secara maksimal. Dan kinerja kita juga akan selalu maksimal.

3. Anggap teman/rekan kerja anda adalah orang yang baru anda kenal.
Memang tidak semua dari kita merasa senang dengan bertemu orang baru. Namun bertemu orang baru akan menambah semangat kita. Akui saja, saat anda bertemu orang baru, tentu anda akan berkata hal hal   baik tentang anda. Bertindak dengan baik baik. Dengan perkataan yang baik dan tindakan yang baik pula, secara tidak sengaja kita memerintahkan pikiran bawah sadar kita untuk bertindak dengan baik baik pula. Dan tentu itu akan meningkatkan kinerja kita.

Hal hal di atas berdasarkan apa yang saya alami. Memang ada beberapa yang belum saya lakukan. Tapi perasaan yang saya rasakan saat saya menjadi "freshman", saat saya menerima gaji saya yang pertama, dan saat saya bertemu orang baru, adalah seperti di atas.

Kembali kepada anda, andalah yang bisa menjaga, memaksimalkan kinerja anda sendiri

Salam Dahsyat !!

3 comments:

  1. Anggap Gaji yang akan anda terima adalah Gaji pertama anda - - ya klo udah beberapa kali dan gag naik2 kadang juga agag gmn gtu sob...

    ReplyDelete
  2. nah mangkannya broo. kalo kita bisa tetap menjaga kinerja kita pasti manajemen akan "melihat".
    kan kadang memang pihak manajemen perusahaan anda atau siapapun itu memberikan sebuah tes atau sebagainya.

    ReplyDelete